Semua Tentang Komputer Bisa Kalian Temukan Disini . . .



Postingan Keren

University of Gunadarma

Rifqi fauzi blogspot !!

Senin, 01 Desember 2014

10 Bahasa yang ter Sulit di Dunia



Bahasa bisa dibilang merupakan salah satu anugerah terindah yang diberikan Tuhan kepada manusia. Bayangkan jika di dunia ini tidak ada bahasa atau hanya ada 1 bahasa saja, apakah mungkin para ilmuwan bisa menciptakan penemuan-penemuan penting? Lalu, ada berapa sebenarnya jumlah bahasa di dunia? Menurut Ethnologue, saat ini ada sekitar 6.912 bahasa yang dituturkan orang di seluruh dunia. Jumlah ini tentu saja masih diragukan keakuratannya karena tiap hari ada bahasa baru yang mungkin muncul, sebaliknya ada pula bahasa yang punah.

Banyak sekali bahasa telah diklaim sebagai salah satu yang paling sulit untuk belajar. Berikut ini ada sepuluh "bahasa yang paling sulit dipelajari" seperti yang dirilis oleh United Nations Educational Scientific and Cultural Organization.


Quote:Quote:
1. Bahasa Mandarin


Bahasa mandarin merupakan salah satu bahasa serumpun dari Sino-Tibet dan lebih dari satu miliar orang dipakai sebagai bahasa ibu mereka. Hubungan antara bahasa Mandarin lisan dan tulisan agak rumit. Bentuk tertulis yang tidak memiliki petunjuk tentang bagaimana sebenarnya diucapkan.

Sistem Nada juga berbeda karena ada banyak homofon dalam bahasa Cina hanya dibedakan oleh empat nada. Bahkan hal ini sering terjadi salah pengucapan, kecuali konteks yang aktual dan frase kata yang sudah diidentifikasi.


Quote:2. Bahasa Yunani


Sebagai bahasa independen dari keluarga Indo-Eropa, bahasa Yunani memiliki sejarah terpanjang dan paling banyak didokumentasikan. Hal tersebut dituturkan terutama di Yunani dan Siprus.

Sepanjang sejarahnya, struktur suku kata yang tetap konstan. Ia memiliki struktur suku kata campuran, memungkinkan untuk kombinasi yang relatif yang kompleks dengan suara. Selain itu, Yunani memiliki serangkaian luas afiks derivasi produktif dan kaya akan sistem inflektif.


Quote:
3. Bahasa Arab


Arab, milik keluarga bahasa Afro-Asia, mencakup bahasa sastra dan ragam bahasa Arab diucapkan di Timur Tengah, Afrika Utara, dan Tanduk Afrika. Bahasanya memiliki metode yang kompleks dan tidak biasa dalam menulis kata-kata dari akar dasar.


Quote:
4. Bahasa Islandia


Bahasa Islandia, sebuah bahasa Jermanik Utara, adalah bahasa utama Islandia. Islandia sulit dipelajari karena kosa kata dan tata bahasa kuno yang kompleks. Islandia mempertahankan banyak fitur gramatikal bahasa Jermanik kuno lainnya, dan Islandia yang modern masih merupakan bahasa yang sangat infleksi.


Quote:
5. Bahasa Jepang


Bahasa Jepang adalah bahasa Asia Timur dipakai terutama di Jepang. Menurut dokumen, Cina memiliki pengaruh yang besar terhadap kosakata dan fonologi dari Bahasa Kuno Jepang. Sejak tahun 1945, telah meminjam sejumlah besar kata dari bahasa Inggris, terutama kosakata yang berkaitan dengan teknologi.

Salah satu alasan utama yang membuat bahasa sehingga sulit untuk dipelajari adalah bahwa kode yang ditulis berbeda dari kode yang diucapkan. Selain itu, Jepang memiliki sistem tata bahasa yang luas untuk mengekspresikan kesopanan dan formalitas.


Quote:
6. Bahasa Finlandia


Sebagai bahasa yang dipakai oleh mayoritas penduduk di Finlandia, bahasa Finlandia sulit untuk dipelajari dari tata bahasa yang sangat rumit dan "akhiran derivatif yang tak berujung." Finlandia mempunyai kata pengubah yang luas untuk kata kerja, kata benda, kata ganti, kata sifat dan angka, tergantung pada aturan kata didalam kalimat.


Quote:
7. Bahasa Jerman


Sebagai salah satu bahasa utama di dunia, Jerman memegang jumlah terbesar penutur asli dalam Uni Eropa. Ini adalah bahasa yang berisi beberapa dialek standar, baik dalam bentuk lisan maupun tulisan. Sebagai bahasa infleksi dengan tiga jenis gramatikal, ia memiliki sejumlah besar kata yang berasal dari akar yang sama.


Quote:
8. Bahasa Norwegia


Norwegia adalah bahasa Jermanik Utara yang dipakai terutama di Norwegia, di mana itu adalah bahasa resmi. Hal ini antara bahasa-bahasa di dunia yang paling sulit untuk belajar bagaimana berbicara dengan baik. Tidak ada standar resmi dialek yang diucapkan dari Norwegia, sebagian besar penduduk Norwegia berbicara dengan dialek mereka sendiri.


Quote:
9. Bahasa Denmark


Denmark adalah bahasa Jermanik Utara yang dipakai oleh sekitar 6 juta orang. Sistem suara dari bahasa Denmark yang tidak biasa di antara bahasa di dunia, yang membuatnya salah satu bahasa tersulit di dunia untuk belajar, seperti bahasa lisan biasanya terdengar berbeda denga versi tulisan.


Quote:
10. Bahasa Perancis


Sebagai bahasa resmi di 29 negara, Perancis adalah bahasa yang paling menantang. Namun, dapat dipelajari dengan mudah tergantung pada bahasa ibu. Perancis adalah bahasa Romawi. Jika pemahaman belajar bahasa Romawi berasal dari bahasa Italia, Portugis dan Spanyol, Bahasa Perancis akan menjadi bahasa yang sangat cepat dan mudah dipelajari.

Jika mereka yang berasal dari keluarga bahasa yang sama sekali diluar bahasa Romawi, belajar bahasa Prancis akan jauh lebih sulit. Pengucapannya mengikuti aturan yang sangat ketat berdasarkan ejaan, yang sering lebih didasarkan pada sejarah fonologi.


UPDATE !

Quote:Quote:
11. Bahasa Rusia


Bahasa Rusia adalah bahasa Slavia yang utamanya dituturkan di Rusia, Belarus, Uzbekistan, Kazakhstan, dan Kirgizstan. Bahasa ini tidak resmi namun juga banyak dituturkan di Ukraina, Moldova, Latvia, Tajikistan, Turkmenistan, Estonia dan negara-negara lain yang pernah menjadi bagian dari Uni Soviet.

Dengan jumlah penutur sebanyak 278 juta jiwa, bahasa Rusia merupakan bahasa terbesar kelima dari segi jumlah penuturnya setelah bahasa Mandarin, Inggris, Spanyol, dan Hindi. Bahasa ini juga menjadi bahasa resmi PBB dan badan-badan khususnya selain bahasa Arab, Perancis, Mandarin, Inggris, dan Spanyol. Selain itu, bahasa Rusia juga digunakan sebagai bahasa resmi Persemakmuran Negara-negara Merdeka.


Quote:
12. Bahasa Hindi


Bahasa Hindi adalah bahasa resmi di India selain bahasa Inggris, dan bahasa ini merupakan salah satu bahasa dengan jumlah penutur terbanyak di dunia setelah bahasa Tionghoa dan bahasa Inggris. Bahasa ini merupakan saudara kembar bahasa Urdu.

Sekitar 180 juta orang India menganggap bahasa Hindi sebagai bahasa ibunya, sedangkan 300 juta lainnya menggunakannya sebagai bahasa kedua atau kesekian. Bahasa Hindi juga tersebar di beberapa negara di luar India, seperti di AS (100.000 jiwa), Mauritius (685.170 jiwa), Afrika Selatan (890.292), Yaman (232.760 jiwa), Uganda (147.000 jiwa), Singapura (5.000 jiwa), Selandia Baru (20.000 jiwa), dan Jerman (30.000 jiwa).

Selain itu banyak penutur bahasa Hindi yang tinggal di negara-negara seperti : Fiji, Nepal, Suriname, Trinidad & Tobago, Guyana dan Uni Emirat Arab.

Bahasa Hindi makin populer dengan makin tenarnya film-film Bollywood. Bollywood kini semakin diakui di dunia internasional dan bahkan mampu menembus pasar dunia barat.


Quote:
13. Bahasa Thailand


Bahasa Thai adalah bahasa resmi yang digunakan di Thailand. Namanya dalam bahasa Thailand sendiri adalah ภาษาไทย (phasa thai, artinya "bahasa rakyat Thailand").

Bahasa ini adalah bagian dari kelompok bahasa Tai dari kelompok bahasa Tai-Kadai. Bahasa-bahasa Tai-Kadai diperkirakan berasal dari selatan RRC, dan sebagian ahli bahasa telah menyatakan kemungkinan adanya hubungan dengan kelompok bahasa Austroasiatik, Austronesia atau Sino-Tibet.

Bahasa Thai adalah bahasa nada dan bahasa analitik. Kombinasi antara nada, ortografi yang kompleks, penanda hubungan dan fonologi yang berbeda dapat membuat bahasa Thai sulit dipelajari orang Barat.


Quote:
14. Bahasa Ibrani


Bahasa Ibrani adalah sebuah bahasa Semitik dari cabang rumpun bahasa Afro-Asia yang merupakan bahasa resmi Israel, dan dituturkan sebagian orang Yahudi di seluruh dunia. Secara kultural, bahasa ini dianggap sebagai bahasa orang Yahudi, meskipun bahasa ini juga dipergunakan oleh kelompok-kelompok non-Yahudi, seperti orang Samaria. Bahasa Ibrani hampir punah sebagai bahasa yang dituturkan pada Abad Kuno, namun terus digunakan sebagai bahasa liturgi Yudaisme dan bahasa sastra serta hanya dipakai untuk mempelajari Alkitab dan Mishnah saja. Tetapi pada akhir abad ke-19 dan permulaan abad ke-20, bahasa ini lahir kembali menjadi sebuah bahasa sejati dengan para penuturnya. Bahasa ini lalu menggantikan bahasa Arab, bahasa Ladino, bahasa Yiddish dan lain sebagainya sebagai bahasa utama kaum Yahudi sedunia dan di negara Israel kemudian hari.
Sumber : http://m.kaskus.co.id/thread/53b20f5dd675d4160a8b45dd/10-bahasa-yang-ter-sulit-di-dunia

1 komentar:

Obat Pelangsing Tradisional mengatakan...

wah,banyak sekali ya bahasa yang sangat sulit di pelajari..tapi kalau kita nya berusaha ingin mempelajarinya kita pasti bisa

Posting Komentar