Semua Tentang Komputer Bisa Kalian Temukan Disini . . .



Postingan Keren

University of Gunadarma

Rifqi fauzi blogspot !!

Senin, 24 November 2014

Sharing File/Folder di Windows 7

Setelah penggunaan printer bersama (sharing printer) salah satu keuntungan penggunaan jaringan adalah berbagi berkas (Sharing File/Folder). Cara ini sangat praktis untuk mengirimkan file atau dokumen dan prosesnya sangat cepat. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan sharing file/folder ini, sebagai berikut:
  1. Koneksi jaringan antar komputer
  2. Aktivasi Permission Share
  3. Agar lebih aman, dianjurkan menggunakan password.
  4. Langkah-lakngkah sharing file/folder pada windows 7, sebagai berikut: Siapkan terlebih dahulu folder yang akan di-share. Pilih satu folder lalu klik kanan>Specific people… Dalam tutorial ini dicontohkan folder yang di-share adalah folder Jaringan.
    file_001
    Secara default ada 3 pilihan user, Administrator, Guest dan nama user.
    file_003
    Pada gambar di bawah ini, 3 user tadi memiliki permission berbeda. Pertama, Administrator memiliki full access. Kedua, Guest terbatas hanya (Read). Ketiga, User (nama tertentu) memiliki akses Read/Writer artinya dapat membaca dan mengedit.
    file_004
    Jika menginkan perubahan hak aksesnya dapat dilakukan dengan klik tanda panah di sampingnya. Setelah permission sudah diseting klik Share.
    file_002
    Pada tampilan berikutnya klik Done. Dengan demikian folder telah di-share ke dalam jaringan.
    file_005
  5. Mengakses File/Folder Dalam Jaringan
Ada beberapa pilihan untuk mengakses file/folder yang di-share pada jaringan dimana system operasi komputer yang digunakan menggunakan Windows 7.  Secara default tampilan komputer klien nantinya akan diminta untuk memasukkan username dan password. Pada tutorial ini akan dicontohkan bagaimana mengakses file/folder sharing dengan menggunakan pemanggilan komputer server (Komputer yang menyediakan file sharing) dengan IP dan Pemanggilan komputer dari Workgroup/ Menu Network.
Misalnya komputer yang sharing file/folder tadi adalah Trainer-PC (192.168.1.1), Klik Network lalu pilih Trainer-PC (sesuaikan dengan nama komputer yang diseting share file)

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan memanggila IP, misalnya IP komputer yang men-share file/folder tadi adalah 192.168.1.1. Cara memanggilnya adalah gunakan aplikasi RUN dengan menggunakan keyboard   Windows + R secara bersamaan. Ini casranya seperti ketika pemanggilan IP di tutorial Sharing Printer di Windows 7.
file_007
Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan Username dan Password. Kita tahu bahwa saat melakukan share file tadi ada 3 userantara lain: Administrator, Guest dan User computer (nama dan password sesuai user yang dibuat). Masukkan username dan password lalu klik OK.
file_009
Jika username dan password sudah benar maka akan diarahkan ke file/folder yang dishare.
file_010
Catatan: Penggunaan share file/folder tidak dianjurkan pada perangkat yang sering digunakan di area umum seperti hotspot. Hal ini memungkinkan pengguna lain yang terhubung dengan jaringan hotspot tersebut dapat mencuri data dari folder yang di-share.
Sumber : http://massol507.wordpress.com/2013/07/03/sharing-filefolder-di-windows-7/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar